PENGELOLAAN KELAS

Label:
Guru sebagai tenaga profesional di bidang kependidikan , di samping memahami hal – hal yang bersifat filosofis dan konseptual, harus juga mengetahui dan melaksanakan hal – hal yang bersifat teknis, terutama kegiatan mengelola dan melaksanakan interaksi belajar

Didalam mengelola interaksi belajar mengajar, guru paling tidak mempunyai dua modal dasar, yaitu:

1. Kemampuan mendesain program

2. Ketrampilan mengkomunikasikan program itu kepada anak didik

Dua modal tersebut terumuskan dalam 10 kompetensi guru

SEPULUH KOMPETENSI GURU

Menguasai bahan

Mengelola program belajar–mengajar

Mengelola kelas

Menggunakan media/ sumber belajar

Menguasai landasan – landasan kependidikan

Mengelola interaksi belajar – mengajar

Menilai prestasi siswa dalam kepentingan pengajaran

Mengenal fungsi dan program bimbingan dan penyuluhan

Mengenal dan menyelenggarakan administrasi sekolah

Memahami prinsip- prinsip dan menafsirkan hasil penelitian pendidikan

Kompetensi ketiga; pengelolaan kelas

Untuk mengajar suatu kelas, guru dituntut untuk bisa mengelola kelas, yakni menyediakan kondisi yang kondusif untuk berlangsungnya proses belajar mengajar.

Pengelolaan kelas merupakan kegiatan pengajar dalam menjalankan tugasnya didepan kelas sehingga kelas suasananya tertib, namun ketertiban kelas bukan berarti peserta didik menjadi patuh disiplin mati, juga bukan karena diberikan kebebasan secara maksimal

Pengelolaan kelas

Aktifitas pengajar untuk mengembangkan tingkah laku peserta didik seperti yang di inginkan pengajar , meniadakan tingkah laku yang tidak diinginkan , mengembangkan hubungan interpersonal yang baik sehingga kelas menjadi tertib dan karena itu belajar menjadi efektif dan efisien

Dalam hal tersebut secara konkrit ada beberapa langkah yang dapat diambil oleh guru:

Langkah –langkah siswa yang sudah sesuai dengan tujuan perlu dikembangkan dengan memberi dukungan yang positif

Guru mengambil tindakan yang tepat bila siswa menyimpang dari tugas

Sikap siswa yang keras ditanggapi dengan memadai dan tenang

Guruharus memperhatikan dan memperhitungkan reaksi reaksi yang tidak diharapkan

Langkah langkah pengajar dalam menyelesaikan masalah pengelolaan kelas diatur sebagai berikut

Mengidentifikasikan secara tepat jenis masalah pengelolaan kelas, apakah bersifat perorangan ataukah kelompok,

Mencari alternatif –alternatif penyelesaian

Menetapkan alternatif penyelesaian yang tepat untuk menyelesaikan masalah

Masalah perorangan

Tingkah laku yang menunjukkan ingin diperhatikan

Tingkah laku yang menunjukkan keinginan menguasai

Tingkah laku yang mengarah pada balas dendam

Tingkah laku yang menunjukkan ketidakmampuan mengerjakan tugas

Masalah kelompok

Diantara anggota kelompok tidak kompak dalam bekerjasama

Beberapa anggota kelompok tidak mematuhi peraturan kelompok

Bersikap negatif terhadap kelompok

Adanya sikap yang mendukung jika ada anggota kelompok yang menyimpang

Mudah tergangu kelancaran kegiatan kelompok

Mogok tidak mau melakukan kegiatan kelompok

Tidak dapat menyesuaikan diri terhadap perubahan lingkungan

Kegiatan didalam pengelolaan kelas itu banyak, diantaranya adalah :

Pengaturan ruang kelas dan laboratorium beserta perlengkapannya

Mengecek kehadiran siswa dan tempat duduknya

Ketertiban di dalam kelas

Memberikan informasi tentang pelajaran yang kita bawakan sebelum pelajaran itu dimulai

Perencanaan dan pelaksanaan kegiatan rutin hari demi hari

Pengajaran remidial

0 komentar: