Belajar terjadi apabila suatu situasi Stimulus bersama dengan isi ingatan mempengaruhi pelajar sedemikian rupa sehingga perbuatannya berubah dari waktu sebelum ia mengalami situasi kewaktu sesudah ia mengalami situasi itu(Gagne”The condition of Learning,1977)
Belajar adalah sikap perubahan yang relatif menetap dalam tingkah laku yang terjadi sebagai suatu hasil dari latihan atau pengalaman(Morgan”Introductian of psychology’)
Dari kedua pengertian belajar diatas ditemukan adanya dua elemen penting
• Belajar merupakan suatu perubahan tingkah laku yang mengarah pada perubahan tingkah laku yang lebih baik atau lebih buruk,. Perubahan yang terjadi disini melalui pelatihan atau pengalaman, artinya perubahan perubahan yang melalui pertumbuhan atau kematangan tidak dianggap sebagai hasil belajar
• Untuk dianggap belajar maka perubahan itu harus relatif menetap, yaitu harus merupakan akhir dari periode waktu yang panjang Didalam belajar ada tiga masalah pokok
• Masalah mengenai faktor faktor yang mempengaruhi terjadinya belajar
• Masalah mengenai bagaimana belajar itu berlangsung dan prinsip mana yang dilaksanakan
• Masalah mengenai hasil belajar
Faktor faktor belajar mengajar
1. Bahan yang diajarkan, metode pengajar dan belajar
2. Faktor lingkungan fisik alamiah dan sosial ekonomi
3. Faktor Instrumental
a. Hadware, antaralain gedung perlengkapan perlengkapan belajar lainnya
b. Sofware, antara lain, kurikulum, program pendidikan, pedoman pedoman belajar lainnya
4. Faktor indifidu atau pelajar
a. Keadaan psikologis, kecerdasan, bakat, minat dan motifasi,kesiapan
b. Kepribadian antara lain, kehidupan emosinya
c. Kebiasaan belajar
Bentuk bentuk belajar
• Belajar responden
• Belajar kontiguitas
• Belajar Operant
• Belajar Opservasional
• Belajar kognitif
Mengajar
• Mengajar adalah suatu kegiatan dimana pengajar menyampaikan pengetahuan atau pengalaman yang dimiliki kepada peserta didik
• Proses belajar mengajar merupakan rangkaian kegiatan komunikasi antara manusia, yaitu orang yang belajar (siswa) orang yang mengajar (guru). Komunikasi antara dua subyek guru dan siswa adalah komunikasi yang dipengaruhi oleh faktor lainnya
Faktor interaksi belajar mengajar
• 1 Tujuan yang akan dicapai harus jelas,
• 2 Bahan yang menjadi isi interaksi
• 3 Siswa yang mengalami aktif
• 4 Guru yang melaksanakan
• 5 Metode tertentu untuk mencapai tujuan
• 6 Situasi yang memungkinkan terjadinya proses interaksi belajar mengajar berlangsung dengan baik
• 7 penilaian terhadap hasil interaksi belajar mengajar
Beberapa pertanyaan edukatif yang bersifat mendasar
• 1 Mengapa sesuatu perlu diajarkan kepada siswa (tujuan)
• 2 Materi apa yang akan diberikan Siswa(Bahan)
• 3 Kepada siapa sesuatu itu diajarkan
• 4 Siapa yang mengajarkan
• 5 Bagaimana mengajarkan
• 6 Bagaimana proses belajar mengajar terjadi
• 7 Bagaimana hasilnya
Guru dalam pembelajaran matematika
• Guru yang baik adalah guru yang mampu melaksanakan fungsi – fungsi pengajaran, fungsi fungsi pengajaran itu diantaranya:
1 Penjelasan pemberitahuan dan petunjuk
2 pengarahan dan pengadministrasian
3 Penyatuan kelompok
4 Pemberian rasa aman terhadap siswa
5 Kejelasan sikap, kepercayaan dan pemecahan masalah
1.Jika anda seorang guru matematika mengajarkan secara langsung pembuktian dalil- dalil , memberikan contoh – contoh , sedangkan siswa – siswa duduk dengan rapi mendengarkan , meniru pola yang diberikan oleh anda, dan mencontoh cara – cara menyelesaikan soal –soal seperti yang anda lakukan , apakah dlm situasi yang demikian terjadi interaksi edukatif?
2. Adakah perbedaan antara belajar mengajar matematika dan mengajar belajar matematika?
3. Adakalanya kita mendengar berita adanya seorang guru yang memberikan hukuman fisik atau mengeluarkan kata – kata makian
A. hal ini sudah wajar dalam proses interaksi
B. Berbahaya , sebab merusak suasana belajar, pribadi guru terancam(ada pembalasan dendam),Mengundang protes orang tua siswa.
C. anda mempunyai jawaban lain, jelaskan!
Posting Komentar