TEORI – TEORI BELAJAR & PEMBELAJARAN

Label:
Psikologi pembelajaran matematika

Bagi guru matematika yang mempelajari bagian ini akan sangat berguna dalam meningkatkan kemampuan dirinya sebagai guru matematika yang profesional, krn dengan menguasai materi ini dan aplikasinya akan meningkatkan pula wawasan kemampuan untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas

Kebutuhan akan teori belajar

Guru harus mengetahui tingkat perkembangan mental anak dan bagaimana pengajaran yang harus dilakukan sesuai dengan tahap tahap tersebut

Setelah mempelajari bagian ini diharapkan mahasiswa mempunyai kemampuan tertentu , kemampuan ini, sebagai tujuan mempelajari dan memahami teori psikologi pembelajaran serta mampu menerapkannya dalam pelaksanaan pembelajaran matematika

Psikologi pembelajaran matematika
Psikologi belajar atau disebut pula dengan teori belajar adalah teori yang mempelajari perkembangan intelektual (mental) siswa.

Konsep belajar BEHAVIORISME

Pandangan dari psikologi ini didasarkan pada faktor – faktor lingkungan yang disebut stimulus dan tingkah lakunya disebut respon (S-R)

Psikologi ini mengatakan bahwa tingkah laku dikendalikan oleh peristiwa yang disebut ganjaran yang datangnya dari luar yang disebut penguatan, dengan demikian teori stimulus respon memusatkan perhatian kepada cara respon respon peserta didik yang dikontrol dari luar peserta didik

· Clasical conditioning theory (Ivan Pavlov)

· Law effect (Edward Lee Throndike)

· Contiguous conditioning theory (Edwin R Guthrie)

· Operant conditioning theory (Burrhus Frederic Skinner)

· Drive reduction theory (Clark Hull)

Konsep belajar KOGNITIVISME

Asumsi dasar para ahli psikologi kognitif adalah tingkah laku seseorang didasarkan pada kognisi suatu kegiatan untuk mengetahui atau berpikir tentang mengapa suatu tingkah laku terjadi.

Teori belajar kognitif menyatakan bahwa tingkah laku dari hasil belajar itu merupakan penstrukturan kembali pengalaman yang lampau

0 komentar: