Bagi guru matematika yang mempelajari bagian ini akan sangat berguna dalam meningkatkan kemampuan dirinya sebagai guru matematika yang profesional, krn dengan menguasai materi ini dan aplikasinya akan meningkatkan pula wawasan kemampuan untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas
Kebutuhan akan teori belajar
• Guru harus mengetahui tingkat perkembangan mental anak dan bagaimana pengajaran yang harus dilakukan sesuai dengan tahap tahap tersebut
• Setelah mempelajari bagian ini diharapkan mahasiswa mempunyai kemampuan tertentu , kemampuan ini, sebagai tujuan mempelajari dan memahami teori psikologi pembelajaran serta mampu menerapkannya dalam pelaksanaan pembelajaran matematika
Psikologi pembelajaran matematika
Psikologi belajar atau disebut pula dengan teori belajar adalah teori yang mempelajari perkembangan intelektual (mental) siswa.
Pandangan dari psikologi ini didasarkan pada faktor – faktor lingkungan yang disebut stimulus dan tingkah lakunya disebut respon (S-R)
Psikologi ini mengatakan bahwa tingkah laku dikendalikan oleh peristiwa yang disebut ganjaran yang datangnya dari luar yang disebut penguatan, dengan demikian teori stimulus respon memusatkan perhatian kepada cara respon respon peserta didik yang dikontrol dari luar peserta didik
· Clasical conditioning theory (Ivan Pavlov)
· Law effect (Edward Lee Throndike)
· Contiguous conditioning theory (Edwin R Guthrie)
· Operant conditioning theory (Burrhus Frederic Skinner)
· Drive reduction theory (Clark Hull)
Posting Komentar